Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Bloger Dalam Mengelola Blog



Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Mengelola Blog


Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger dalam mengelola blog.

Saya bukan seorang expert blogger, atau SEO master. Bisa dilihat sendiri blog saya ini juga masih sangat-sangat hijau apalagi ilmu SEO saya juga masih belepotan.

Artikel saya pun belum se-megah artikel-artikel dari blog PanduanIm, yang selama proses belajar saya ini menjadi salah satu source lokal yang berharga buat saya.

Tapi kebetulan saya sedang belajar dan mencoba membagikan apa yang saya peroleh dari beberapa sumber, yang mudah-mudahan bisa dijadikan materi belajar bersama-sama.

Sebagian besar dari kita yang merupakan bloger profesional maupun pemula yang serius untuk mengelola blog, pasti akan selalu fokus membedah pikiran kita, untuk selalu berusaha mencari ide artikel terbaru.

Belum lagi kita selalu dikejar oleh tuntutan yang berputar dikepala kita untuk selalu menghasilkan artikel setiap hari, padahal kalau mau kita perhatikan bloger terkenal pun tidak menghasilkan artikel setiap hari, mereka lebih memegang prinsip Kualitas > Kuantitas, dimana untuk menghasilkan satu artikel, mereka membutuhkan waktu berhari-hari, bahkan berminggu-minggu hanya untuk riset. 

Mengelola blog seharusnya tidak serumit itu, karena mengelola blog harusnya menyenangkan dan dilakukan dengan menyenangkan pula, jika kita memulainya dengan konsep yang jelas, bukan semata-mata untuk moneytizing.

Mari kita membahas beberapa kesalahan yang sering kita lakukan dalam mengelola blog.

Kesalahan Pertama : Terlalu Fokus Pada SEO


Nah, ini adalah kesalahan paling umum dan paling basic dilakukan oleh kita. Jadi begini, sebelum memutuskan untuk mengelola blog, tentu saja kita lebih dulu mencari tahu apa saja yang harus kita pahami dan yang harus kita utamakan untuk menjadi bloger yang sukses. 

Dan dari semua yang kita pelajari itu didaptlah sebuah benang merah yang mengarah ke SEO. Yah mau blog banyak pengunjung perhatikan SEO, mau blog bisa menghasilkan uang perhatikan SEO.

Hal ini tentu saja secara tidak langsung mengarahkan fokus kita apalagi bagi kita pemula untuk menjadikan blog kita "SEO banget", agar bisa meningkatkan traffic juga menghasilkan uang. 

Katakanlah kita berhasil mengelola blog yang "SEO banget", kita menggunakan themes yang SEO banget, kita membuat artikel yang SEO banget, dan macam-macam hal yang SEO banget. 

Tapi akhirnya kita kebablasan dengan yang "SEO banget", karena fokus kita SEO banget adalah berdasarkan engine mesin pencari, sehingga artikel yang kita hasilkan terlalu SEO sampai melupakan poin utama dalam menghasilkan tulisan yaitu keterikatan secara emosional dengan pembaca.

Keterikatan dengan pembaca menghasilkan traffic yang lebih baik dan pengunjung setia tentunya, mungkin memang tidak secepat blog yang SEO banget, mungkin blog yang SEO banget bisa mendatangkan pengunjung, tapi apakah mereka bisa "mengikat" pengunjung??

Semua blog bisa mendapatkan pengunjung, tapi tantangan sesungguhnya adalah bagaimana mendapatkan dan "mengikat" pengunjung.


Kesalahan Kedua: Terlalu Fokus Memperbanyak Jumlah Artikel

Kesalahan ini sering kali kita lakukan di awal mengelola blog. Kesalahan ini juga saya lakukan, sejak pertama mengenal blog pada tahun 2008. 

Dampak nya adalah menghasilkan artikel yang terlalu dangkal, menghasilkan artikel yang tidak bermutu, lebih parahnya lagi, ketika sedang tidak mood akhirnya melakukan copy paste artikel orang lain. 

Yah hal itu pernah saya lakukan, karena fokus saya adalah membuat artikel sebanyak-banyaknya untuk memperkaya keyword di dalam blog saya, juga meningkatkan traffic, dan saya tidak perduli apakah pengunjung akan memiliki ikatan emosional dengan tulisan saya.

Hasilnya adalah, ketika berjalan selama beberapa bulan, aktifitas tersebut tidak lagi menyenangkan, ditambah traffic yang tidak kunjung meningkat. Tentu saja tidak meningkat, artikel kita tidak bermutu, artikel kita tidak dapat "mengikat pengunjung".

Kesalahan Ketiga: Terlalu Terbebani Konten Berkualitas


Ungkapan konten adalah segalanya memang betul. Poin ketiga ini bukanlah antitesis dari inti sebuah blog, yaitu konten.

Tidak dapat disangkal, konten adalah kunci utama kesuksesan sebuah blog, dan tuntutan untuk membuat konten berkualitas adalah sebuah keharusan dalam mengelola blog. Hal ini masih berkaitan dengan poin pertama di atas, tentang bagaimana mengikat pengunjung.

Tapi membuat konten berkualitas, tidaklah harus menjadi beban atau bahkan menghantui kita sebagai bloger, apalagi seorang bloger pemula. 

Bagaimana membuat konten berkualitas sudah sangat sering dibahas oleh para bloger profesional dalam maupun luar negeri. 

Tapi bagaimana mengelola blog secara umum menurut saya sedikit berbeda. Jadi begini, mengelola blog menurut saya seperti ketika kita membuat tulisan kaligrafi, dimana ada garis tebal dan tipis yang menggabungkan semuanya untuk menghasilkan sesuatu yang indah.

Begitu pula dengan blog, menurut pendapat pribadi saya, sebuah blog juga harus bisa menyajikan sesuatu yang ringan. Dalam blog kita tidak harus melulu kita membuat konten berkualitas yang membutuhkan waktu riset dan produksi yang lama sebelum di publish. 

Hal itu tentu saja mempengaruhi kita sebagai pengelola blog untuk berfikir lebih keras setiap harinya, yang kemudian dapat menyebabkan stress dan frustasi. Begitu juga dengan pengunjung blog kita.

Coba bayangkan jika anda memiliki seorang teman yang selalu serius, tentu saja anda akan menganggap teman anda tersebut membosankan bukan? meskipun kita tahu bahwa teman tersebut sangat mampu membantu kita ketika kita memiliki kesulitan.

Menurut saya begitu juga dengan mengelola blog, kita harus tahu kapan harus menekan pensil kita, dan kapan harus sedikit mengangkat pensil kita, sehingga menghasilkan karya yang indah.

Cobalah untuk mengangkat materi-materi ringan namun pastikan tetap memiliki orisinalitas dan layak di baca oleh pengunjung blog anda.

Kesalahan Keempat: Membuang Waktu Menghias Blog


Kesalahan paling mainstream yang paling sering dilakukan. Yah penampilan memang cukup berpengaruh terhadap kepopuleran blog anda, tapi seperti yang kita ketahui, semakin tebal bedak anda, semakin anda terlihat murahan.

Seperti yang pernah saya bahas di artikel Tips Agar Tampilan Blog Menarik dan Menyenangkan Bagi Pengunjung, bahwa simple adalah kunci utama agar pengunjung mendapatkan informasi yang terbaik dari blog anda.

Semakin simple blog anda, semakin cepat loading time blog anda, jangan habiskan waktu anda untuk menata ulang blog anda setiap hari, menambahkan ornamen ini dan itu, semua itu hanya buang-buang waktu dan energi anda.

Blog saya ini menggunakan themes Evo Magz buatan Mas Sugeng yang di retouch oleh Mas Pardi, sejak awal penggunaan themes ini saya hanya melakukan perubahan pada warna dan ukuran body width saja, agar terlihat lebih lebar, serta menghilangkan beberapa ornament yang menurut saya terlalu colorfull, karena saya ingin mempertahankan konsep clean adn simple nya, toh menurut saya themes ini sudah cukup memenuhi ekspetasi saya akan sebuah struktur blog. Untuk menghias blog ini saya memiliki cukup waktu dan kemampuan, namun saya rasa apa yang dikerjakan oleh Mas Sugeng dan Mas Pardi sudah sangat baik, jadi untuk apa saya membuang-buang waktu untuk merubahnya.

Belum lagi dengan kebiasaan beberapa bloger yang menggunakan begitu banyak widget dengan anggapan blog mereka akan tampak cantik (di mata mereka sendiri), juga dengan menggunakan background berwarna warni, bertekstur, bergradasi, yang kadang membuat pengunjung kesulitan membaca isi dari blog mereka.

Fokuskan energi kita untuk mengisi blog kita dengan konten berharga baik yang berkualitas maupun kontent-konten ringan yang mampu "mengikat" pengunjung blog kita.

Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Bloger Dalam Mengelola Blog"

  1. Membuang waktu menghias blog :D :D Soalnya blog bener2 menggoda untuk didandani. Dipoles, dikasih pernak-pernik macem-macem. Aku terakhir mendadani gitu waktu baru migrasi dari blogspot ke TLD. Setelah itu udah deh. Sekarang fokus ke isinya aja. Btw, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal. Memang sangat menggoda untuk menghias blog, saya sendiri gak bisa menghindari kadang gatel pingin nambah ini itu. tapi kontrol ego aja deh, saya mikirnya blog buat tempat saya menyampaikan informasi, bukan buat mengekspresikan diri.. lebih tepatnya main aman, karena selera kita kadang tidak sama dengan selera pembaca, jadi daripada ribet, mending nampilin yang perlu ditampilin aja di blog. heheh

      Delete
  2. ya sih gua terlalu sibuk menghias blog..

    ReplyDelete
  3. Makasih gan infonya , btw ini template nya design sendiri bos ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya redesign bos. Aslinya ini template Evo Magz nya Mas Sugeng, ane cuman permak dikit di sisi tampilan biar lebih simple aja.

      Delete
  4. Thanks Artikelnya bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  5. masih belum ngerti sama rubah tampilan blog dan SEOnya, jadi hanya sebatas ngisi blog aja dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mas, lebih baik begitu menurut saya.. fokus ke poin pentingnya dulu yaitu mengisi konten di blog. Urusan tetek bengek yang lain no berikut... ada skala prioritas berbeda, yang utama sih konten.

      Delete
  6. Beberapa sih sering saya.lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeblog dibawa santai aja bro, ngeblog itu menyenangkan bukan malah buat stress...

      Delete
  7. Thanks infonya jadi tambah ilmu ane hehe makasih artikelnya

    ReplyDelete
  8. nice info gan... maksih banyak semoga membantu

    ReplyDelete
  9. sayasuka artikelny mas sangat dalam saya bac sampe habis..

    ReplyDelete
  10. Wahh , banyak juga kesalahan saya selama ini.

    ReplyDelete
  11. wahhh setelah baca ini kesalahan saya semua ini harus di perbaiki :3 Nice post gan

    ReplyDelete
  12. sampe sekarang gak paham-paham dengan yang namanya SEO. Ane tambahi satu lagi gan,; "terlalu berharap blog bisa ngedatangi uang"

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipelajari pelan2 aja bos.. dan yah betul, fokusnya udah beda.. sebenarnya gak salah, cuman kalau mau diperhatikan blogger yang sudah pro bahkan jadi artis kebanyakan memulai dari tulisan2 santai, dan hobi mereka menulis, dan semuanya ngalir secara alami. kalau sekarang kan banyak yang ngeblog motivasinya dapat penghasilan, bisa kok, bisa banget, tapi yah pastikan dulu itu memang fokus anda, gak sedikit pula bloger seperti ini yang sukses, karena mereka betul-betul berdedikasi, dan fokus.. kalau ngeblog masih angin-anginan kayak saya mah, mending santai tapi kece aja deh.. heheh

      Delete
  13. Ya, itu benar semua. Sebenarnya hal tersebut karena kita kurang percaya dengan petunjuk dari Google. Lebih percaya ajaran para mastah.

    Saya sendiri lebih nyaman menulis apa adanya. Yang penting bisa bermanfaat untuk sesama.

    ReplyDelete
  14. pemikiran awal pemula soal konten berkualitas itu masih menjadi bayangan yang mengerikan. Nyatanya Emak Gaoel kontennya banyak yang mudah dan ringan difahami malah bagus tuh web nya.

    ReplyDelete

- Tinggalkan komentar yang relevan dan sopan
- Jangan tinggalkan link aktif di kotak komentar
- Jika ingn meninggalkan link blog silakan komentar menggunakan Name / URL